Berkunjung ke Masjid Nabawi Saat Umrah,  Apa Saja Saja yang Perlu Dibawa?

Berkunjung ke Masjid Nabawi Saat Umrah, Apa Saja Saja yang Perlu Dibawa?

Saat Umrah, jamaah pasti akan berkunjung ke Masjid Nabawi di Madinah. Masjid ini merupakan saksi dakwah Nabi Muhammad SAW. Beberapa ibadah yang dapat Anda lakukan di sana adalah Shalat 5 waktu, itikaf, membaca quran, berinfaq, dan mengunjungi Raudhah.

Dengan kepadatan aktivitas ibadah di Masjid Nabawi, kembali ke hotel memakan waktu cukup banyak. Sebaiknya, di antara waktu-waktu shalat tersebut Anda dapat mengisi waktu dengan beribadah seperti tilawah Al-Quran atau itikaf. Di dalam Masjid Nabawi juga terdapat wadah-wadah air zamzam yang dapat dinikmati langsung oleh para pengunjung sehingga Anda tidak perlu memberatkan tas dengan membawa air minum. 

Untuk mendukung padatnya aktivitas Anda, kami merangkum beberapa barang yang dapat Anda bawa untuk beribadah ke Masjid Nabawi.

1. Mukena

Mukena Rayya Series dari Hijaberlin 

Hal paling krusial yang harus dibawa adalah Mukena sebab ibadah utama yang akan dilangsungkan di Masjid Nabawi adalah Shalat. Sebaiknya saat baru datang, Anda dapat melaksanakan shalat Tahiyatul Masjid untuk menyempurnakan ibadah. 

Saat di tanah suci, cuaca yang sedang berlangsung bisa jadi berubah-ubah secara ekstrim. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa bahan mukena yang Anda bawa tidak panas dan amat di kulit. Bahan yang direkomendasikan adalah Premium Silk dan Polyester seperti yang digunakan oleh HIjaberlin pada seri Mukena Hajr, Asiyah dan Safar. Dengan bahan yang nyaman di kulit, Anda akan tenang dengan panjangnya waktu beribadah dan tetap nyaman sepanjang hari. 

2. Al-Quran

Sambil mengisi waktu di antara adzan dan iqomat, Anda dapat mengisi waktu dengan membaca Al-Quran. Sebaiknya bawa Al-Quran berukuran kecil agar mudah dibawa. Masjid Nabawi sebetulnya menyediakan beberapa Al-Quran untuk dibaca oleh pengunjung, akan tetapi letaknya hanya di dalam Masjid dan ketersediaannya terbatas. 

3. Handsocks dan Wudhu Socks

Bagi Anda yang sudah mengenakan baju yang menutup seperti Abaya atau gamis panjang, Anda cukup mengenakan Handsocks dan Wudhu Socks. Dengan metode ini, Anda akan menghemat barang yang Anda bawa. Handsocks dan Wudhu Socks sangat praktikal. 

Best seller hand sock dari Hijaberlin 

Namun, tetap pastikan bahwa Wudhu Socks yang digunakan bersih dan suci dari najis. Untuk mendukung ibadah umrah Anda, Hijaberlin menyediakan berbagai macam handsocks. Mulai dari Handsock dengan motif renda, polos, sampai yang full cover, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda. 

4. Botol Air Minum

Agar tidak dehidrasi, Anda perlu minum yang cukup. Saat ke Masjid Nabawi, Anda cukup membawa tempat minum karena Pemerintah Saudi menyiapkan air zamzam di dalam Masjid yang dapat Anda ambil. Umumnya, di samping wadah air zamzam terdapat gelas-gelas plastik yang dapat digunakan untuk minum. Akan tetapi, sebaiknya gunakan botol minum yang Anda bawa sendiri untuk memastikan bahwa air tetap steril dan cukup mengisi sekali untuk kebutuhan minum Anda selama di Masjid Nabawi. 

5. Payung 

Dengan cuaca yang tidak dapat diprediksi, payung lipat adalah barang yang cukup esensial. Baik terik matahari maupun hujan, Anda tetap bisa beraktivitas. 

6. Uang untuk Infaq

Saat selesai waktu shalat, biasanya ada petugas yang membawa kantong infaq berharga di pintu-pintu masjid. Anda dapat memaksimalkan ibadah Anda dengan berinfaq di perjalanan pulang menuju penginapan Anda. 

7. Identitas 

Sebagai warga negara asing, identitas adalah barang esensial yang perlu dibawa sebagai pencegahan apabila Anda tidak menemukan jalan pulang atau ketika perlu menunjukkan identitas Anda. Sebaiknya cukup bawa paspor dan kartu identitas yang diberikan oleh travel umrah apabila Anda umrah bersama agen travel. 

Dengan barang-barang tersebut, Insya Allah Anda dapat melaksanakan ibadah Umrah Anda dengan aman dan nyaman. Menyediakan pakaian dan kebutuhan umrah, Anda dapat melengkapi kebutuhan umrah di Hijaberlin.